Saturday, December 10, 2011

HOW TO MAKE INSTALL BACKTRACK ON FLASHDISK USING UNETBOOTIN (BACKTRACK 5R1 RELEASED...!!!)


Kemaren ane ke daerah jakarta selatan, tepatnya di daerah cipete cilandak. Waktu ane nunggu di sebuah kantor, iseng-iseng aja ane online on mobile, biasanya kalo ga check email paling Facebook’an...

Untuk koneksi Inet, ane biasanya set ke “Always ask when Needed”. Jadi sebelum pas kita mo browsing apa aja, pasti selalu ditanya “koneksi” apa yang mo kita pake waktu masuk ke internet. Search for WLAN, Internet, WAP Service, atau Uncategories....

Sambil nunggu sesuatu, awalnya ane iseng aja on FB’an. Biasa, on pake “0.Facebook.com”, pake layanan grentongan, hehehe..... Nah, kebeneran waktu itu koneksi Lemot banget, loading nya lama alias LOLA. Terus ane ganti koneksi pake WLAN. Eh, ternyata banyak banget WiFi yang ke catch dengan strength signal bagus-bagus. Lumayan mantebs deh kalo buat sekedar inetan di HP doang mah. Tapi tentunya tergantung speed yang dia punya juga sih, hehehe……
Dimanapun dan kapanpun, udah kebiasaan ane tuh kalo lagi pas Browsing inet di HP pasti ga bakal lupa ng’check available WLAN. Biasanya di area pusat-pusat perkantoran, Bussiness Center, atau kadang di area milik pribadi juga seperti perumahan atau shop center juga ada. Biasa gan/sist, cari hotspotan, kali aja ada WLAN yg ga di Locked, hahaha….

Dulu ane pernah share cara instal Backtrack running on Window pake VMPlayer atau VMWorkstation di PC kamu. Selain cara itu, kita juga bisa install Backtrack pake cara laen lagi. Kita bisa menginstalnya Dual Booting Running on Window atau bisa juga Instal pake USB Drive atau FLASHDISK. Dari ketiga semua cara tersebut yang paling mudah dan biasa ane sering pake adalah instal pake Flashdisk. Soalnya cara ini lebih praktis, dan kalo pake Flashdisk kan lebih enak bisa dibawa kemana-mana kita mau, tinggal disaku’in doang dikantong, dan kita bisa pake komputer atau Laptop siapa aja. (Sementara ane ga bisa tulis dan share cara instal backtrack Dual Booting on window, karena sementara ini ane kebetulan ga ada rencana untuk menginstalnya )....  

Langkah pertama untuk menginstal Backtrack ke Flashdisk, tentunya kita harus punya iso image file nya dulu. Sekarang sudah available “Backtrack Linux Pentesting Distribution versi terbaru 5R1” agustus kemaren, dan sudah bisa kamu download with free.

Backtrack 5R1 Released …!!!!!!!!!
Silahkan download disini, ada KDE dan GNOME:

Setelah agan selesai ng'download iso image file nya, kita memerlukan sebuah program untuk menginstalnya ke Flashdisk. Nah, disini saya biasanya , memakai Unetbootin. Karena penginstalan boleh dikatakan cukup simple dan lebih enak. Tapi untuk alternatif, agan juga bisa pake program USB Creator, terserah agan, sama aja ko…

Download Unetbootin nya disini, pilih tergantung OS nya, kalo ane kebetulan masih Window user :

kemudian instal, dan akan tampil seperti dibawah ini :



Sambil mendownload & instal, silahkan juragan sediakan satu buah Flashdisk berkapasitas ukuran minimal 2GB, karena ukuran iso image file nya itu sendiri berukuran kurang lebih hampir 2GB. Tapi kalo boleh saya menyarankan mending sediakan yang berukuran 4GB, karena menurut apa yang saya pernah alami, biasanya kadang suka ada sedikit problem waktu penginstalan (itu sih yg pernah dulu saya coba), kemudian format flashdisk tersebut ke "FAT32"

Setelah selesai, kemudian klik “Distribution”nya dan pilih Backtrack yang agan donwnload tadi, apakah KDE atau GNOME ?



Tentukan "Diskimage" nya dengan mengklik atau browse ke file folder tempat penyimpanan file.
Pada "type" silahkan di option agan pilih "USB", dan tinggal tentukan di "Drive" mana Flash tersebut plugin atau dipasang… seperti nampak pada gambar dibawah



Langkah terakhir kemudian klik “OK” dan tunggu sampai proses penginstalan selesai, hingga sampai muncul permintaan “Restart

(Note : Unetbootin ini juga bisa dipake untuk Pentesting Distibution yang lain seperti Arch Linux, Centos, Clonezilla, Damn Small Linux, Debian, Dream Linux, Dr. Web antivirus, Elive, Fedora, Free BSD, FreeDOS, FreeNAS, Frugalware, Geexox, gNewSence, dan masih banyak lagi yang lainnya) 


_____________________
** This post wrote based on my experinces that I had been tried, so you may have different. any question, ideas, comments or anything........ you can ping me on chat.... ))))