Thursday, December 1, 2011

FORMAT/RESTORE COMPLETE SYSTEM PADA SONY VAIO VPCEB13FA




Udah lama nih ga posting, kali ini ane iseng aja berbagi, yang mungkin apa yang ane share disini juga udah basi, ya kali aja ada temen-temen, agan-agan & sista belum pernah nyoba.... hehe...

Ane beli Lepi udah lebih dari setaun, dulu pas beli ane minta CD Driver sama SPM nya, dia bilang udah ada didalem, tinggal dibikin Backup Recovery nya ke Disc, pas dirumah awalnya ane agak bingung, soalnya waktu mo di backup di burning ke Disc, ko selalu ada petunjuk “Insert Disc” mulu, padahal Disc nya udah ane masukin. Maklum, ane Newbi, waktu itu pertama kali punya, padahal sebelumnya udah nyoba dan make macem-macem Lepi dari berbagai merk. Nah, pas ane coba lagi, akhirnya bisa.
Buat temen-temen yang mungkin sama belum pernah nyoba, Lepi-lepi atau notebook apa aja, sekarang kan udah ada Backup Recovery nya, agan sista tinggal bikin aja diburning ngikutin petunjuk…

Kebetulan ane pake Sony VPCEB13FA, berikut ane kasih cara bikin Backup nya, kali aja suatu saat Lepi agan sista ngalamin Error di system nya dan butuh Format Refresh New Window nya (kebetulan ini untuk window User). Tapi Disc ini dipake format kalo system nya udah bener-bener parah, alias udah ga bisa di Restore. Jadi, boleh dibilang Disc ini buat jaga-jaga biar kita gampang kalo suatu saat butuh, iya kan ?
Mudah-mudahan sedikit cara sederhana ini bermanfaat, lumayan kan daripada tiap waktu Lepi kita ERROR, kita ga mesti bawa ke Computer Service dan nyuruh orang, lagian kalo udah bisa sendiri kan gratis, hehe…tapi maaf nih, tentunya agan sista dari IT mungkin lebih tau dari ane, disini ane cuma share yang pernah ane alamin aja di Lepi ane, dan Cuma iseng-iseng belajar tau sendiri, abisnya ane males kalo harus bawa terus ke Maintaince..… yaaa, meskipun ini cuma cara standar format doang, hehe..
  1. Dari start menu, agan sista tinggal cari Sony Recovery Center (yg mungkin pada produk lain pada prinsipnya sama aja, program ini biasanya udah ada lengkap dari default setting bawaannya semenjak pertama kali kita beli).
  2. Disitu nanti tertera beberapa program, dan kita tinggal pilih perintah/program yang ada : Window Backup and Restore, Vaio Hardware diagnostic, Reinstall programs or Drivers, Restore C : Drive, Restore Complete System, Create Recovery Disc, Wipe and erase data
  3. Nah, kalo Lepi agan ga parah-parah banget tapi misalnya butuh format, sebenernya sih tinggal di langsung di Restore aja, sesuai pilihan program yang ada. cuma cara ini mungkin bisa dilakukan kalo agan masih bisa login and start up ke window, tapi ada kalanya kan system nya sampe parah, udah ga bisa login sama sekali, atau ng’Hang total.
  4. Untuk bikin Back up nya, agan sista tinggal klik aja “Create Recovery Disc”, dan silahkan ikutin petunjuknya. Kebutuhan Disc mungkin berbeda, sesuai yang diminta, kalo ane disini harus disediain 4 Disc kosong, dan tentunya harus yg baru & bagus, soalnya biasanya agak sensitif, kalo Disc nya jelek, rusak atau udah terkena scracth sedikit aja, kemungkinan Creating Disc bisa failed.
  5. Setelah selesai simpan deh Disc itu baik-baik, biar ntar kalo kita butuh gampang
  6. Kalo misalkan system nya ga terlalu parah, sebenernya ga usah format pake Disc, agan tinggal pilih program “Restore complete system” dari program yang ada, kemudian tinggal terus ikutin sesuai petunjuk atau perintah-perintahnya… gampang kan ? lumayan kan kalo tau sendiri, jadi ga usah repot-repot nyuruh orang, lagian kita juga bisa format sendiri kapan aja yang kita mau, disaat kita ada waktu, jadi ga usah nunggu dikerjain orang laen, he.. he.. he……….. 
Note : Sering-sering download Vaio update, biar software-software terbaru lebih ter'update di Lepi agan
Please, visit this site to review new product/accesories, technical supports and softwares
http://www.sony.co.id/productcategory/it-personal-computer
  
Selamat mencoba ya….:)