Thursday, December 1, 2011

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN NOKIA N8 SERIES



Berbagai gadget, handset, mobile atau device sekarang semakin berkembang dan semakin inovatif. Banyak perangkat Telekomunikasi Cellular bermunculan seiring dengan meningkatnya kebutuhan bagi sebagian banyak masyarakat yang cenderung mengikuti akan tuntutan sebuah keperluan mobilitas yang tinggi, dengan dilengkapi berbagai fitur layanan aplikasi lengkap dan canggih. Kian hari pengembang dan produsen pun semakin banyak mengenalkan perangkat tersebut kepada masyarakat dengan inovasi yang tiada henti guna memenuhi kebutuhan tersebut, dan begitu pula dengan layanan berbagai provider berikut berbagai layanan product yang ditawarkan. 

Mobile buat ane sih boleh dikatakan sementara hanya cukup buat internetan, nelpon, emailing dan kirim pesan saja. Dan mohon maaf sebelumnya, sebenernya sih mungkin agan sista menganggap ini ga terlalu penting, cuma barangkali saja ada diantara temen-temen yang kebetulan sekarang lagi nyari ponsel. Dan di postingan kali ini ane sengaja ambil dan share sedikit tentang Nokia N8 Smartphone, karena kebetulan saja ane skg pake, walaupun tentunya banyak merk atau produk smartphone cellular lain yang lebih bagus dan lebih mahal disertai fitur yang lebih baik seperti pilihan agan sista, seperti Sony Ericsson, Samsung, Blackberry, Iphone, Ipad serta tablet, dan lain-lain. Apalagi sekarang sedang rame dan digemari produk Ponsel yang berbasis Android, yang katanya lebih enak dipake buat Browsing Inet.
Tentunya itu tergantung pilihan agan sista,  disini ane cuma menekankan akan perlunya pemilihan dan pertimbangan terhadap barang atau produk sebelum kita beli, tapi bukan pada merk nya, he… he… tentunya kita ga mau dan jangan sampai nantinya kita kecewa, karena selain pertimbangan harga, fitur-fitur layanan aplikasi tentunya menjadi pertimbangan yang utama….

Cerita sedikit tentang pengalaman temen saya, sebenernya udah lama, dia dulu pernah beli HP, barang yang dibeli waktu itu kebetulan bukan produk original, ga asli alias replika. Banyak terdapat fitur didalamnya persis menyamai seperti produk yang aslinya, tapi fitur-fitur itu semuanya ga bisa dipake, dengan kata lain banyak layanan yang ga fungsi. Contoh : Fitur Camera 3G tidak bisa dipake buat video call, MMS tidak bisa terkirim atau kadang hanya dari satu pihak saja, bisa dikirim tapi tidak bisa menerima, kemudian Bluetooth juga ga bisa atau susah terkoneksi, Camera utama/primer hasilnya tidak sejernih hasil jepretan yang original, dan mungkin agan sista pernah atau sering menemui aplikasi di homescreen berbeda, misalnya kita harus 4x atau berkali-kali tekan untuk masuk ke folder yang dicari, misalkan foto album, sedangkan pada produk original hanya diperlukan cukup 2 atau 3x tekan saja.

Kembali lagi ke topik tadi, ane disini ambil pada Nokia 8 N Series (maaf, karena kebetulan aja ane pake). Ada yang menarik dari Ponsel Nokia N8, yaitu pada camera utama/primer 12 Megapixel berlensa Carl Zeiss yang katanya sih salah satu lensa yg menghasilkan jepretan cukup baik, yang hampir menyerupai camera digital. Selain itu ponsel ini juga didukung video recorder dengan koneksi HDMI, yg mana kalo terhubung ke layar lebar/monitor akan menghasilkan kualitas gambar/video yang jernih dan kualiatas Dolby surround. HP ini juga tersedia fitur TVWeb, meski masih symbian 3 OS, tapi cukup lumayan enak dipake buat browsing inet. Selain itu casing juga terbuat lapisan alumunium yg cukup tahan dari goresan kecuali kalo emang HP nya dibanting atau kelindes mobil, itu lain lagi… he.. he.. he……

Pada prinsipnya, kalo dari fitur dan aplikasi, ponsel ini ane rasa cukup lumayan enak dan lengkap, apalagi kalo kita sering-sering update new available softwarenya. Misal : OS Symbyan 3 bawaan bisa kita update ke Symbian anna, berikut kita juga bisa update optional dan recommended softwarenya  langsung dari Ovi Suite di HP, tanpa harus download dari komputer.

Sayangnya ada yang kurang pada Ponsel ini, yaitu speaker Headset bawaannya kurang enak, cenderung agak sedikit kurang ng’Bass meskipun Equalizernya udah kita set atau kita rubah. Jadi mungkin kita harus beli yang laen yang lebih bagus & enak didengar, apalagi buat dengerin music. Kekurangan lain yang ane rasakan ada pada masa kekuatan Baterai, dimana Baterai terasa cepet habis dari waktu normal yang ada pada fitur spesifikasinya. Set pemasangan Baterai juga tidak bisa sembarangan dibuka atau dibongkar, karena pada casing menggunakan 2 buah sekrup untuk menutupnya, meski disisi lain memang lebih aman.

Spesifikasi selengkapnya :
 
Cara cek Sotware yang dipake pada Ponsel Nokia : ketik *#0000#
Contoh terliat seperti dibawah ini :
Release : PR1.1
Software Version : 013.016
Software Version Date : 2011-01-27
Custom Version : 013.016.C04.01
Custom Version Date : 2011-01-27
Language Set : 013.016.13.01
Product Code : 0599423
Model : N8-00
Type : RM-596
Browser Version : 7.2
Flash Version : 4.0
Java Version  : 2.1

Dan cara cek serial Number : Ketik *#06#,  kemudian samakan dengan Serial Nomor yang ada pada kemasan paket dan garansi.

Tentunya mungkin masih banyak pilihan HP lain, baik dari merk yang sama ataupun merk lain yang berbeda yang lebih bagus dan lebih baik dari ini, dengan berbagai keunggulan dan kekurangannya. Tapi kalo diantara agan kebetulan ada yang lagi nyari N8, yang ane rasain enak dan nggak nya udah ane share, dan yang lebih ane suka dari N8 adalah pada camera nya… (Tapi kalo untuk Inet, ane lebih demen Ponsel yang berbasis Android, he…. He.. he….)